Milad Kedua, Prodi Ilmu Komunikasi UM Magelang,Gencarkan Promosi Desa Wisata

Milad Kedua, Prodi Ilmu Komunikasi UM Magelang,Gencarkan Promosi Desa Wisata

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG -  Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, berkolaborasi dengan masyarakat Desa Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang, menggelar pameran fotografi dan lokakarya branding desa, Sabtu (1/2). Upaya ini menjadi salah satu kepedulian perguruan tinggi Muhammadiyah yang ada di Kota dan Kabupaten Magelang itu dalam rangka pengembangan desa wisata, di era revolusi industri keempat. Ketua Panitia Kegiatan, Prihatin Dwihantono SSn MIKom mengatakan, Desa Wanurejo menjadi bagian Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang menjadi program dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dilihat dari tujuannya, Balkondes memiliki porsi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa dengan konsep desa wisata. ”Ada 20 Balkondes di Kecamatan Borobudur. Mereka semua punya ciri dan khas masing-masinbg. Ada yang mengemas wisata edukasi, panorama, ada juga yang menyediakan khusus bagi anak-anak atau wisata anak-anak,” katanya. Pada lokakarya itu, turut dihadirkan pemateri yang ekspert di bidang pariwisata dan promosi, antara lain Dosen Ilmu Komunikasi UM Magelang, Much Imron Rosyidi MSc, dan Annis Azhar MIKom. Kemudian dari kalangan eksternal, Maksum Nur Fauzan yang juga fotografer The Jakarta Post. Lokakarya ini sendiri menjadi upaya UM Magelang untuk peduli terhadap peningkatan kualitas desa wisata dan juga promosi yang tepat. Kegiatan ini juga disandingkan dengan perayaan milad ke-2 Ilmu Komunikasi, UM Magelang. ”Langkah ini menjadi awal Prodi Ilmu Komunikasi untuk mewujudkan visi sebagai prodi yang concern di bidang komunikasi bisnis berbasis media dan digital,” ujar Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UM Magelang, Aftina Nurul Husan SPsi MA. Menurut dia, pada lokakarya branding desa tersebut dikhususkan dialog tentang teknik fotografi dan konektivitas melalui media sosoial. Terlebih pada era digital sekarang, pemaparan media sosial menjadi sarana paling lumrah digunakan masyarakat. ”Acara ini tujuannya untuk menambah pemahaman dan juga pengetahuan bagaimana strategi mengemas sebuah foto menjadi daya tarik pengguna media sosial dari manapun. Terutama untuk eksistensi Balkondes yang ada di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang,” pungkasnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: